SAMPAH! Masalah klasik susah solusi

Admin Pemdes Penyabangan 05 Oktober 2018 10:43:06 WITA

Penyabangan (05/10)

Ketika mendengar  kata Sampah apa yang pertama muncul dipikiran kita? kumuh, kotor, bau dan sebagainya.. sampah menjadi sumber masalah-masalah yang sering timbul di masyarakat seperti masalah kesehatan dan bencana banjir.  Masalah ini masih menjadi masalah yang mungkin belum ada solusinya hingga saat ini, baik dari segi pengelolaan maupun penanggulangan agar tidak semakin bertumpuknya sampah tersebut.saya pikir sampah ini menjadi masalah dimana-mana termasuk di desa saya (Penyabangan),

Sungai nampaknya masih menjadi tempat favorit warga untuk membuang sampah itu terlihat dari kegiatan Jumat bersih yang dilakukan oleh Staf Kecamatan Gerokgak bersama staf  Desa Penyabangan, staf  Desa Musi dan warga yang dilakukan pada (05/08) yang berlokasi di Perbatasan Desa Musi dan Penyabangan, kegiatan Jumat Bersih ini berfokus di Setra, Jembatan dan Sungai. Berbagai jenis Sampah ditemui mulai dari sampah rumah tangga maupun sampah sisa Upacara keagamaan, karena sampah yang ada terus menumpuk mengakibatkan bau yang menyengat setiap kali melewati lokasi yang dimaksud, sudah dilakukan berbagai upaya agar masyarakat sekitar maupun masyarakat luar agar tidak membuang sampah disana seperti pembuatan spanduk, plang larangan buang sampah dan berbagai sosialisasi tidak mampu membuat warga sadar akan kebersihan lingkungan, nampaknya perlu dilakukan tindak lanjut yang mendalam entah itu sosialisasi-sosialisasi atau sangsi yang akan diberikan.

Pemerintah Desa Penyabangan telah menyiapkan dua solusi untuk mengatasi masalah sampah yang dimaksud. Solusi jangka pendek dan panjang, solusi jangka pendeknya yaitu melakukan pembersihan rutin dan yang kedua memindahkan keberadaan trugtug atau tempat pembuangan sisa sampah upacara. Sedangkan  untuk solusi jangka panjangnya Pemerintah Desa Penyabangan akan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Musi untuk membangun taman perbatasan Desa di lokasi pembuangan sampah sekarang.

Semoga setelah kegiatan ini warga tidak lagi membuang sampah di lokasi yang dimaksud.

Salam Hidup Sehat! #DESABERSIHSAMPAH

 

Komentar atas SAMPAH! Masalah klasik susah solusi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Penyabangan

tampilkan dalam peta lebih besar